Oleh: NCGA2 | September 8, 2009

Anggota DPRD Bekasi Dilarang Terima Parsel

Gedung DPRD Kota Bekasi

Gedung DPRD Kota Bekasi

Pantau Post, BEKASI–Menjelang hari raya Idul Fitri, segenap anggota DPRD Kota Bekasi diimbau agar tidak menerima bingkisan ataupun parsel. “Semua macam pemberian tergolong gratifikasi, yang pemberinya bisa memiliki maksud tertentu kepada pejabat yang diberinya,” ucap Ariyanto Hendrata, anggota DPRD Kota Bekasi dari F-PKS, Ahad (6/8).
Menurut Ariyanto, secara moral dan etika, pejabat publik seharusnya tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun. “Sesuai dengan imbauan dari KPK, segala macam pemberian itu bisa tergolong gratifikasi dan bisa dikenai sanksi,” ujarnya.
Sebelumnya, KPK melalui Wakil Ketuanya, M Jasin, Kamis (3/9), telah memberikan imbauan kepada seluruh penyelenggara negara untuk tidak menerima segala bentuk gratifikasi, seperti parsel, uang, voucher belanja, voucher menginap, dan biaya wisata. Hal itu sesuai ketentuan dalam UU No 20 Tahun 2001 Pasal 12 B tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Ariyanto menambahkan, karena anggota DPRD saat ini belum genap sebulan dilantik, masih dalam proses pembentukan kelengkapan lembaga-lembaga yang ada di dalamnya. “Badan Kehormatan memang belum ada, tapi mekanisme kontrol anggota ada sepenuhnya pada masing-masing ketua fraksi. Jadi tiap-tiap ketua fraksi wajib mengontrol anggotanya termasuk mengawasi soal penerimaan gratifikasi,” paparnya.
“Apabila masyarakat mengetahui ada anggota dewan yang menerima gratifikasi, silakan dilaporkan ke KPK. Selanjutnya akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujarnya.
“Selain itu, bagi pihak yang ingin memberikan bingkisan pada pejabat sebaiknya menyalurkan dana yang dipakainya untuk membeli bingkisan itu pada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan,” tambahnya.

(Republika Online, Minggu, 06 September 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: